Jumat, 23 Oktober 2009

Grogi dalam presentasi

Assalamu'alaikum pak, saya mahasiswa kehutanan. Saya mau tanya bagaimana caranya menghilangkan rasa grogi? Karena saya orangnya grogian tiap kali mau presentasi atau apalah itu. Saya slalu grogi dan merasa tidak pede.


Jawab.

Wa'alaikum salam.
Saya dulu juga pernah mengalami. Seingat saya karena sebelum presentasi saya berfikir yang tidak-tidak. Misalnya bagaimana kalau penampilan saya kurang baik, bagaimana kalau ada pertanyaan2 yang tidak bisa saya jawab, bagaimana kalau ada yang mencemooh, bagaimana kalau saya tidak menguasai masalah, dst. Ternyata, dari berbagai pengalaman itu tidak terjadi. Itu hanya ilusi yang terbentuk dalam pikiran kita. Ilusi itu yang dibisikkan setan agar kita tidak maju-maju. Jadi, saran saya:


  1. Sering-sering baca ta'awudz: A'udzubillahiminasysyaithonirrodzim, aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Syukur-syukur kalau anda bisa selalu menjaga wudlu anda. Bukan maksud saya anda harus berwudlu untuk berpresentasi, tetapi dengan keadaan diri selalu dalam kesucian wudlu insya Allah membantu membersihkan hati dari syak wasangka.

  2. Rileks saja, positif thinking bahwa hal-hal negatif yang biasa kita pikirkan itu sebenarnya tidak ada. Syukur kalau bisa menghilangkan sama sekali bayangan negatif itu. Seperti dikemukakan sebelumnya, hal itu adalah bisikan setan yang memang bertekad membuat anda tidak sukses sehingga bisa lebih mudah mengikuti jalan mereka.

  3. Hindarkan diri anda dari perasaan tidak menguasai masalah. Tentu itu berarti anda harus menyiapkan diri sebaik-baiknya. Perasaan ini terutama muncul jika kita memang merasa persiapan kita kurang maksimal. Tapi, jika telah berusaha maksimal perasaan itu masih muncul, pikirkanlah kenyataan bahwa audiens anda juga manusia biasa yang sangat mungkin penguasaan masalahnya seimbang saja dengan anda. Mereka bukanlah makhluk yang diberi keistimewaan luar biasa melebihi anda.

  4. Jangan takut ditertawakan. Berfikirlah selalu bahwa anda memang harus membuat orang lain tertawa sehingga presentasi anda menyegarkan dan menyenangkan orang lain. Bahkan sangat perlu anda menyiapkan humor di sela-sela presentasi anda, tidak peduli bahwa itu adalah presentasi ilmiah di kelas atau seminar. Jadi nikmatilah presentasi anda dan tertawalah bersama audiens anda.

  5. Jangan takut dicemooh. Hilangkan prasangka buruk anda kepada audiens: bahwa mereka pasti akan mencemoohku. Justru ketakutan dan prasangka itu sendiri yang akan mengundang orang lain untuk mencemooh. Mengapa? Sangat boleh jadi ketakutan dicemooh justru membuat sikap anda terlihat konyol sehingga mendorong audiens meremehkan anda. Sesungguhnya Allah itu mengikuti persangkaan hambaNya: kalau anda berprasangka audiens anda menyeramkan maka memang mereka menyeramkan bagi anda dan sebaliknya.

  6. Bersikaplah terbuka terhadap masukan dan kritik. Tidak ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Setidaknya anda bisa menjawab: "Wah, saya tidak tahu tentang hal itu. Insya Allah nanti akan saya pelajari lagi". Tidak perlu malu mengeluarkan jawaban ini. Juga tidak perlu menolak jika ada yang memberi masukan perbaikan. Presentasi bukan suatu arena untuk menampilkan citra bahwa andalah yang paling superior. Tidak! Presentasi biasanya dimaksudkan untuk berbagi informasi dan pengetahuan atau ketrampilan dengan orang lain. Jadi cukup pikirkan apa yang bisa anda berikan kepada orang lain, bukan "saya harus terlihat yang paling berkompeten tentang masalah itu".

Semoga bermanfaat. Wallahu'alam bishshowab.

8 komentar:

  1. assalam...... semangat.........
    PITA ANJARSARI
    07110035
    Email: anjarsari_p@ymail.com
    Blog:bupitasari.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum...
    maaf baru konfirmasi pak...
    MUHAMMAD SYAMSU DLUHA
    07110027
    Email: dhuha_syamsu60@yahoo.com
    Blog: dhuha-modesty.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Fatin Rahmayanti
    07110040
    Email: faryan_ijas@yahoo.com
    blog:fathinrahma07.blogspot.com

    BalasHapus
  4. asalamualaikum
    maaf baru konfirmasi, soale baru bisa...
    07110013
    email; si_odienk2@yahoo.com
    blog; si_odienk2@yahoo.com

    daftar flagcounternya blum pahamm...

    BalasHapus
  5. comentar buat forum......

    grogi suatu hal yang biasa.... pasti menimpa bagi pemula....

    tips-tips yang ditawarkan bapak bagus!!!
    makacih pak.. :-)

    BalasHapus
  6. Assalam pak wahono...
    aduh pak maap baru comment.. tapi buatnya udah hari jumat yang lalu pak..

    email:zulmi_fikr@yahoo.com
    Blog :moslemteencorner.com

    BalasHapus
  7. assalamualaikum.wr.wb
    mf pak baru comment...

    nama : suharina
    nim : 07110002
    email : suharina88@gmail.com/ suharina_cute@ymail.com

    sebelumnya terima kasih pak....

    wassalamualaikum.wr.wb

    BalasHapus