Minggu, 25 Oktober 2009

TTS Pembelajaran dengan WordCross Forge

Pekerjaan Rumah atau yang sering disingkat saja dengan PR selalu dianggap penting oleh setiap pengajar. Karena itu, ia selalu menjadi bagian dari rencana pembelajran untuk semua mata pelajaran atau mata kuliah. Namun demikian, PR yang bertubi-tubi dan terus menerus justru bisa membebani si siswa. Beban yang berlebihan tersebut tentu saja bisa berakibat kurang baik bagi proses belajar mengajar secara keseluruhan. Namun demikian, pemberian PR yang dikemas dengan baik berpotensi meningkatkan gairah belajar siswa. Berikut ini adalah ide pembelajaran menggunakan teka-teki silang.

Teka-teki silang, atau biasa disingkat TTS (crossworld, dalam bahasa Inggris) merupakan permainan asah otak yang banyak disukai orang. Banyak orang mencari buku atau majalah yang khusus berisi TTS, kemudian menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan soal-soal di dalamnya. Sifatnya yang mengasah otak dan menarik ini menjadikan TTS berpotensi digunakan dalam proses pembelajaran. PR yang disajikan berupa TTS dapat membantu siswa mengerjakannya dengan hati yang senang. Gairah mengerjakan TTS, selanjutnya berpotensi untuk meningkatkan proses memorizing dan penguasaan konsep. Potensi yang demikian dapat dioptimalkan dengan mengkombinasikan untuk membuat nominasi secara periodik di kelas. Pekerjaan siswa yang terbaik di pajang di dinding kelas, atau di beri insentif lainnya.

Meskipun potensi TTS untuk pembelajaran sangat baik, namun banyak guru sulit mengimplementasikannya. Bagi sebagian mereka, membuat TTS itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Beruntung saat ini banyak dibuat orang aplikasi komputer untuk pembuataan TTS ini. Di antaranya adalah Crossword Forge, Hot Potatoes, dan lain-lainnya. Pada posting ini akan dibahas pembuatan TTS menggunakan Crossword Forge.

Pada Crossword Forge, pembuatan TTS dilakukan secara otomatis dengan mudah. Pengguna tidak perlu membuat kotak-kotak secara manual. Aplikasi akan menata kata-kata jawaban secara otomatis membentuk teka-teki silang dan membuat kotak-kotak isiannya. Langkah-langkah pembuatan TTS menggunakan perangkat lunak Crossword Forge adalah sebagai berikut:


  1. Setelah perangkat lunak ter-install, mulai dengan membuat file project baru.


  2. Tentukan Judul TTS dan keterangannya melalui Tab Title.



  3. Masukkan soal dan jawaban. Pilih tab Clue lalu masukkan soal pada kotak Clue dan jawaban pada kotak Answer. Masukkan soal dan jawaban sebanyak anda inginkan dan tidak perlu memikirkan bagaimana nanti TTS-nya akan disusun.



  4. Atur latar belakang. Untuk membuat TTS tampil lebih menarik tambahkan gambar di belakang TTS. Pilih Tab Backdrop lalu pilih Solid Backdrop untuk memberi warna tertentu atau Picture Backdrop untuk menggunakan gambar lain. Untuk contoh digunakan pilihan tanpa latar belakang (No Backdrop). Untuk TTS yang akan dicetak dan difotokopi untuk dibagikan ke siswa, sebaiknya gunakan pilihan tanpa backdrop ini.



  5. Buat TTS. Klik pada tab Puzzle. Anda bisa meng-klik pada tombol Make Puzzle untuk langsung membuat TTS anda. Selain TTS, Crossword Forge juga bisa membuat pencarian kata (Word Search). Untuk membuat wordsearch, gunakan pilihan WordSearch. Pada gambar berikut ini ditampilkan contoh hasil Wordsearch. Untuk pilihan pengaturan pembuatan TTS maupun WordSearch dapat dilihat pada tab Advance.



  6. Langkah terakhir, anda dapat mencetak atau mengekspor TTS anda. Pilih yang anda inginkan dari menu File. Anda dapat mengekspor TTS maupun WordSearch anda ke format Flash, Web, atau PDF. Format Text akan menghasilkan baris soal dan jawaban saja, tanpa TTS ataupun WordSearch.

Contoh tampilan WordSearch.

1 komentar: